Minggu, 31 Juli 2011

Waspadai Kanker Payudara pada Pria

Kamker payudara selama ini menjadi momok bagi kaum perempuan. Namun jangan salah, pria juga bisa terjangkit penyakit ini. Almarhum Melky Goeslow, penyanyi legendaris Indonesia, penderita kakkern payudara stadium empat, merupakan salah satu bukti nyata bahwa kanker payudara tidak hanya menyerang wanita, tetapi juga pria.
Tahun 2001, saat usianya 54 tahun, Me;ky menemukan benjolan di dekat puting payudara. Dokter yang memeriksanya pernah menyarankan untuk mengoprasi benjolan tersebut, namun Melky tak menghiraukannya. Tahun 2004 penyanyi legendaris ini harus menerima kenyataan, benjolan itu ternyata sudah menjadi kanker stadium empatdan kondisinya sudah pecah. Melky sempat Shocked, dan pada tahun 2004 menjalani kemoterapi, tahun 2005 kondisi Melky sempat membaik. Namun pada tahun 2006, diam-diam kanker di tubuh Melky terus menjalar hingga paru-paru dab getah beningnya. Dan pada 20 Desember 2006, penyanyi legendaris itu berpulang.
Berdasarkan penelitian, presentase kemungkinan kanker payudara pada pria hanya 1 persen terhadap wanita. Artinya, diantara 100 wanita hanya 1 laki-laki saja yang memiliki kemungkinan menderita kanker payudara. Dr Djoko Handoyo, SpOnk mengungkapkan di semarang, periode 5 tahun terakhir hanya ditemukan empat kasus kanker payudara pada pria.
Meski presentasinya kecil, kasusnya tetap ad, walaupun kasusnya tak sebanyak yang ditemukan pada populasi wanita, karena pria juga memiliki jaringan payudara kata dokter spesialis onkrologi RS Dr Kariadi ini.
Dr. Djoko menjelaskan anak laki-laki maupun perempuan memiliki jaringan payudara dengan sedikit saluran air susu dibawah puting dan areola (area di sekitar puting). Ketika anak perempuan memasuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar